Belajar Cara Baca Hasil USG

Baru 2x di USG…. saat kunjungan kedua ke Obgyn ku tgl 28 Feb 2011 dan yang kedua saat kehamilanku menginjak usia 4 bulan. Di hasil USG ada istilah-istilah asing. Selain nanya-nanya ke dokter, aku juga nyari tahu sendiri apa sih arti dari istilah yang ada di sana. Berikut istilah umum yang biasanya ada di hasil USG.

EDD (Early due date)
GA (gestasional Age)
LMP (Last Menstruation Period)
EFW (Estimation fetal weight) –> perkiraan berat bayi
BPD (Biparietal Diameter) –> panjang tulang pelipis kiri dan kanan
HC (Head circumferencial) –> lingkar kepala
AC (Abdominal circumferencial) –> lingkar perut
FTA (Fetal Trunk Abdominal) –> panjang badan
FL (Femur length) –> panjang tulang paha

GS = Gestasional Sac
ukuran kantong kehamilan, berupa bulatan hitam.
Untuk mengukur usia kehamilan trimester (TM) I

CRL = Crown Rump Lenght
Ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi
Untuk mengukur usia kehamilan TM I

BPD = Biparietal Diameter
Ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan
Untuk mengukur usia kehamilan TM II/III

FL = Femur Lenght
Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
Untuk mengukur usia kehamilan TM II/III

HC = Head Circumferensial = Lingkaran kepala
Mengukur usia kehamilanTM II/III

AC = Abdominal Circumferencial
ukuran lingkaran perut bayi
Untuk mengukur usia kehamilan TM II/III
Dikombinasikan dengan BPD akan menghasilkan perkiraan berat bayi

FW = Fetal weight = Berat Bayi

F-HR=Fetal Heart Rate = Frekuensi Jantung Bayi
Masih ada yang lainnya, tapi yang paling sering dipergunakan ya itu…

Yang Diperiksa Saat USG!

·  Konfirmasi kehamilan. Embrio dalam kantung kehamilan dapat dilihat pada awal kehamilan 5 ½ minggu, kemudian detak jantung janin biasanya diketahui dalam usia tujuh minggu.
·  Mengetahui usia kehamilan
·  Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
·  Masalah dengan plasenta. USG bisa menilai dan mengetahui kondisi plasenta, apakah ada masalah misalnya seperti plasenta previa.
·  Kehamilan kembar. Dengan pemeriksaan USG bisa mengetahui apakah ada satu atau lebih fetus di rahim.
·  Mengukur cairan ketuban. Jumlah cairan ketuban dapat dinilai dengan USG, sehingga jika terjadi masalah ketika kandungan kelebihan cairan ketuban atau terlalu sedikit.
·  Kelainan letak janin. Tidak saja kelainan janin dalam rahim, tetapi bisa juga mengetahui kelainan yang bisa diketahui dengan USG, seperti ; hydrocefalus, kelainan jantung, down syndrome.
·  Mengetahui jenis kelamin bayi.

Category: BUMIL's STORY
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
10 Responses
  1. Travel Haji says:

    Ternyta membaca USG itu bsa dipelajari ya,thanks infonya ya

  2. wisnu says:

    besok usg perut gw ah

  3. Nana says:

    terima kasih infonya…
    berguna banget buat aku dan suami,..

  4. pandu says:

    malem2 belajar baca hasil USG ma bini seru juga..thank you buat infonya :)

  5. winda says:

    Jika usia kehamilan 36 minggu dan berat bayi 3 kg apakah itu akan mempersulit saat persalinan nanti/

  6. ferry says:

    usg bukan hanya untuk deteksi kehamilan tapi bisa juga untuk melihat organ lain, kita mengerti tentang istilah usg belum tentu kita bisa baca usg, dokter kandungan juga bisa salah dalam diagnosa hasil usg, apalagi dokter lain memang mereka bisa baca usg tapi ilmu mereka tentang itu tidak banyak seperti dokter radiologi, apalagi dokter tersebut mengambil spesialis di rumah sakit yang tidak membuka spesialis radiologi kemampuan mereka baca usg dan rotgen sangat minim. makanya banyak orang berobat keluar negeri diagnosa di indonesia tidak sama dengan diagnosa diluar negeri karena di luar negeri hasil usg dan rotgent itu dibaca oleh ahlinya spesialis radiologi. nah bukan semua dokter mampu baca ok, karena usg milik radiologi walaupun ada dokter ikut pelkatihan usG seminggu, bandingkan dengan dokter radiologi yang lima tahun. mudah mudahan orang indonesia ngak salah langkah lagi.

  7. dewi says:

    ternyata setelah anak ke-3 baru ngerti baca hasil USG thank ya

  8. Shety cyaah says:

    Thanks buat infox..

  9. edo says:

    Klu habis USG terus disuruh ma dokternya rekam jantung bayi. Hasilnya baby silent, maksdnya apaan ♈ªª ?

  10. nita says:

    Dear bunda..
    Bund mw nanya nih, sy Ƙâή sϑЋ hamil 8 bln..selama ini periksa selalu ke dokter. Ω̶dά̲ 2 dokter ( professor pula) krn yg pertama sewaktu saya msh stay di bandung, menjelang melahrkan mudik ke surabaya. Pada waktu mw janjian cesar, dokter merekomndasikan untuk cek darah dan usg lengkap( untuk mengukur berat bdn bayi)shg jika berat bdn bayi sϑЋ cukup, bs segera cesar. Nah yg mengejutkan adalah, waktui di usg di lab ( lab parahita ) ternyata kata Dr. Spesialis radiology nya menyatakan kehamilan kembar, tentu saya kaget.karena dari awal hamil tdk Ω̶dά̲ pernyataan spt itu dr dr spog saya..
    Menurut dr radiologynya, ini Ω̶dά̲ 2 kepala lengkap badan, sehat..di lihat dr posisi bayi sangat kecil kemungkinan klo ini adalah pantulan bayangan, di samping itu posisi kepala bayi yg berbeda.stelah hasilnya keluar, dr sopg saya pun kaget, n beliau yakin cuma 1 bayi. Yg saya tanyakan.. Apa mungkin USG вi§å salah melihat jumlah bayi, hingga Ω̶dά̲ 2 pendapat seperti ini.
    Mohon pencerahannya.. Maaf Ɣăă kalau kepanjangan buund..terimakasih bnyk

    OP: hai mba Nita, maaf saya tidak mempunyai kompetensi untuk bisa menjawab pertanyaan Mba. Saran saya, kalau saya jadi Mba saya akan mencari Obgyn yang mempunyai spesialisasi USG, untuk di USG ulang (kalau perlu USG yang 4 dimensi), untuk bisa menjawab semua keragu2an nya. Tetap semangat ya Mba :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>