mulai berencana SENAM HAMIL

Skarang memasuki minggu ke 22…. mulai kerasa perut tambah besar, kadang-kadang kerasa kram di betik kaki. Pernah suatu malam saat memasuki minggu ke 20 tiba-tiba terbangun kaget, karena betis kiri kerasa kram sakit banget. Sakit kagetnya karena betis sakit, gw teriak “Ayaaah ini betis kram sakit banget !” ….. pas dilihat kelihatan banget urat-urat di betis gw mengkerut2 gitu… hikksss nangis deh. Aa sabar banget nenangin gw, mijit-mijit ngusapin si urat-urat yang mringkel di betis gw.

Saat dikonsultasikan ke Obgyn gw, beliau bilang itu hal yang biasa terjadi  kalau kehamilan mulai besar, berat badan mulai naik… berat bayi dalam rahim juga mulai naik. Hmmm ternyata gitu ya… *manggut-manggut*

Selain betis yang kram, skarang juga gw mulai ngerasa sering sakit punggung. Atau kram perut bagian bawah… kayaknya gw kurang olahraga kali yaaa. Ngobrol sana ngobrol sini, orang-orang mulai menyarankan gw untuk mulai senam hamil. Kesian kan suami gw yang musti ngusap2in punggung gw mulu tiap pegel. “Jangan dipijat ya, diusap-usap aja punggungnya.” gitu pesan mertua gw hehehe. Jadilah tiap gw sakit punggung… bagian si Aa yang ngusap-ngusap punggung, kadang sampe gw tertidur hihihihihi.

Jadi intinya, untuk bumil sangat dibutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, diupayakan dengan makan teratur, cukup istirahat dan olah tubuh sesuai takaran. Dengan tubuh bugar dan sehat, ibu hamil tetap dapat menjalankan tugas rutin sehari-hari, menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan. Saatnya untuk cari informasi tentang senam hamil. Dengan mengikuti senam hamil secara teratur dn intensif, ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal.
Senam hamil adalah adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman dan spontan.

Berikut informasi hasil gugling nya 🙂

Sebelum memulai senam hamil, lakukan dulu gerakan pemanasan sehingga peredaran darah dalam tubuh akan meningkat dan oksigen yang diangkut ke otot-otot dan jaringan tubuh bertambah banyak, serta dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kejang/luka karena telah disiapkan sebelumnya untuk melakukan gerakan yang lebih aktif.
Kapan dianjurkan mengikuti senam hamil? Jika kandungan mencapai 6 bulan ke atas, lakukan senam hamil, kecuali ada kelainan tertentu pada kehamilan. Sebelum memutuskan mengikuti senam hamil, diskusikan kondisi kehamilan dengan dokter atau bidan.
Perempuan mengandung yang mengikuti senam hamil diharapkan dapat menjalani persalinan dengan lancar, dapat memanfaatkan tenaga dan kemampuan sebaik-baiknya sehingga proses persalinan normal berlangsung relatif cepat.
Bagaimana gerakan dasar senam hamil sepereti berikut ini :

 

This entry was posted in BUMIL's STORY. Bookmark the permalink.

One Response to mulai berencana SENAM HAMIL

  1. Yu2n says:

    Waa.. udah 22 weeks aja nih.. semoga sehat selalu yaa..
    ayo teeehh semangat senaammm… 🙂

Comments are closed.