16th Jul2010

SIMPATI & EMPATI, apa bedanya ?

by OP

“Teh, Simpati & Empati apa bedanya sih?”

pertanyaan yang diajukan Eka, salah seorang anak CS di kantor gw. Bagus juga pertanyaannya, karena dua kata ini pasti sudah akrab dan sering kita dengar. Sesaat emang terlihat mirip, karena keduanya melibatkan perasaan. Tapi dua kata itu memilik arti & makna yang berbeda.

Simpati

Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak Simpati lebih banyak terlihat dalam hubungan persahabatan, hubungan bertetangga, atau hubungan pekerjaan.
Seseorang merasa simpati dari pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Misalnya, mengucapkan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun merupakan wujud rasa simpati seseorang.

Empati

Empati mirip perasaan simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja, melainkan diikuti perasaan organisme tubuh yang sangat dalam, seolah-olah kita sendiri sedang mengalaminya. Contoh bila sahabat kita orangtuanya meninggal, kita sama-sama merasakan kehilangan.

Empati bahkan lebih powerfull jika kita pernah mengalami kejadian yang sama atau minimal orang terdekat dengan kita. Contoh kita berempati dengan korban banjir karena orang tua atau rekan dekat pernah mengalami dan kita ikut dalam penangannya. Walau begitu empati tidak harus pernah kita alami sendiri.

Dengan simpati kita belum dikatakan bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Contohnya saat melihat teman yang  sedang limbung bisnisnya kita bersimpati dengan menunjukkan kepedulian menanyakan alasan kebangkrutannya tapi kita belum bisaberempati  sepenuhnya merasakan kepedihannya. Kedua rasa ini harus terus bisa kita asah, karena dengan bisa bersimpati atau berempati terhadap orang lain, hal ini akan bisa membuat kita lebih menghargai & mensyukuri arti kehidupan yang diberikan Allah SWT :)

2 Responses to “SIMPATI & EMPATI, apa bedanya ?”

  • Hy sis. Kalo bersedia, ane pengen exchange link sama sis. Tapi ane masi bingung nih, kudu tinggalin pesennya dimana, jadi sedapetnya ajah, sekalian baca2 artikel nya sis, menarik juga…. ^_^
    Link nya udah ane pasang duluan. Ditunggu balesannya yah… ;)

    OP: makasih udah mampir di sini ya… sip deh, link nya OP pasang ya :)

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>